Wah, Inilah Manfaat Zeolit Bagi Dunia Pangan!

Mineral alami zeolit mempunyai manfaat yang sangat baik untuk pertanian karena bisa mengatasi kesuburan tanah yang sudah menurun. Ini karena zeolit dapat mengikat hara yang diberikan melalui pengaplikasian pupuk, jadi zeolit ini mampu mengawetkan pupuk.

Hal ini menyebabkan hara yang terikat tadi lambat-laun diserap oleh akar tanaman. Pemakaian zeolit ini bisa menghemat biaya pemupukan, lho. Kendati demikian, zeolite adalah bahan pendamping pupuk, bukan sebagai pengganti pupuk.

Perlu kamu ketahui, bahwa pemberian zeolit dalam dosis tinggi (di atas 1 ton per hektar) dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Aplikasi zeolit yang diikuti pemberian pupuk anorganik maupun organik dapat meningkatkan efisiensi serapan hara pupuk, memperbaiki struktur dan agregat tanah, juga tingkatkan kapasitas tukar kation yang cegah pencucian hara dalam tanah.

Kerusakan akibat tanaman sawit

Kebun sawit adalah lahan yang paling banyak mengalami degradasi tingkat kesuburan tanah. Hal ini diakibatkan karena tingginya produktivitas sawit, ataupun nutrisi pupuk yang hilang karena terlarut melalui resapan air, selain itu juga terjadi karena perubahan cuaca, tanah tidak terawat, aerasi tanah tidak diperbaiki dan tanah yang tidak lagi mengandung unsur mikro.

Dari hasil penelitian studi kelayakan pada perkebunan sawit dengan menggunakan campuran pupuk dan zeolit, ternyata perbandingan terbaik pemupukan adalah NPK : Zeolit = 3 : 2. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa zeolit menghemat penggunaan pupuk dan dapat meningkatkan hasil panen, lho.

Mengurangi pencemaran lingkungan

Tahukah kamu, zeolit juga digunakan untuk menetralkan unsur yang mencemari lingkungan, bahkan bisa mengurangi tingkat pencemaran logam berat seperti Pb dan Cd, meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air irigasi lahan persawahan, dan menjaga keseimbangan pH tanah.

Nah, di dunia ketahanan pangan sendiri sedang terpapar penurunan kualitas dan/atau kuantitas dari basis sumber daya tanah dan perubahan iklim. Inilah yang membuat zeolite mendapat perhatian khusus untuk pertanian.

Zeolit sebagai aluminosilikat alami yang ada di bebatuan, yang terletak di berbagai belahan dunia ini sangat berguna untuk dunia pertanian karena porositasnya (kemampuan suatu batuan untuk menyimpan fluida) yang besar, kapasitas tukar kation dan selektivitas untuk kation amonium dan kalium.

Hal ini menjadikannya digunakan sebagai pembawa nutrisi dan sebagai media untuk nutrisi bebas. Kendati demikian, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk pemanfaatan yang efisien dalam pertanian.

Manfaat di dunia pertanian

Pemanfaatan zeolit ​​​​dalam pertanian cukup baik karena sifat pertukaran kation khusus yang dimilikinya, serta dimilikinya penyaringan molekuler dan adsorpsi (Glisic dan Milosevic, 2008; Hecl dan Toth, 2009). Selain itu, zeolite dipercaya memiliki kemampuan untuk mendapat dan mengeluarkan air secara reversible (reaksi kimia yang dapat berlangsung dalam dua arah), bahkan tanpa adanya perubahan struktur kristal. Zeolit digunakan sebagai pendamping pupuk, stabilisator dan chelator.

Sebuah penelitian menunjukkan kalau zeolit bisa membuat pupuk anorganik dan organik melepaskan nutrisinya secara perlahan (Perez-Caballero et al., 2008). Nah, hal ini ternyata masih mendapati sedikit informasi, makanya penelitian dari penggunaan zeolit pada pertanian ini sangat dibutuhkan.

Penggunaan utama zeolit ​​​​dalam pertanian adalah untuk penangkapan, penyimpanan, dan pelepasan nitrogen. Bahkan zeolit dengan selektivitas spesifiknya untuk amonium (NH4+), dapat mengambil kation spesifik ini baik dari pupuk kandang, kompos atau pupuk yang mengandung amonium, sehingga mengurangi kehilangan nitrogen ke lingkungan, lho!

Jadi, Indonesia sangat bisa mengurusi masalah pangan secara mandiri dengan sisa-sisa lahan pertanian yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Yuk, belajar lebih banyak lagi dan jadikan Indonesia mandiri untuk kebutuhan pangannya!

Sumber:

https://www.isw.co.id/post/manfaat-zeolit-untuk-pertanian

Share to your beloved people

Leave a Reply

nine + eighteen =