Teknik Pomodoro, Solusi Pintar Mengatasi Kejenuhan Belajar

Perkembangan teknologi semakin maju dari tahun ke tahun yang membuat adanya banyak cara untuk meningkatkan produktivitas dalam dunia pendidikan. Apalagi setelah melewati masa-masa pandemi yang membuat banyaknya perubahan sistem di berbagai bidang. Teknik Pomodoro pun dianggap bisa menjadi solusi supaya proses belajar mengajar menjadi lebih efektif.

Dilansir dari laman Kementerian Keuangan Republik Indonesia, teknik pomodoro dijelaskan sebagai suatu teknik yang terinspirasi dari penggunaan sebuah timer yang sering digunakan di dapur dan berbentuk seperti tomoat (pomodoro adalah tomat dalam bahasa Italia). Teknik Podomoro sendiri merupakan sistem manajemen waktu yang menggugah orang untuk bekerja secara fokus dalam rentang waktu yang dimiliki mereka.

Kenapa teknik ini bisa membangun efektivitas dalam kegiatan belajar-mengajar?

Teknik ini menggunakan pembagian tugas, dimana tugas dilakukan selama 25 menit perkegiatan dan dikerjakan dengan fokus serta terututup. Hal yang bisa membuat metode ini jadi efektif ialah setiap 25 menit ini waktunya habis, maka pelajar bisa segera beristirahat total selama 5 menit, dan kembali memulai pelajaran selama 25 menit selanjutnya. Nah, setiap jeda istirahat inilah yang disebtu sebagai “pomodoro”. hal ini dilakukan berulang kali hingga 4 kali pomodoro diberikan jeda, maka waktu istirahat menjadi 15-20 menit.

Teknik timer ini digunakan dengan tujuan untuk membuat adanya urgensi pada tugas yang didapatkan, bukan malah merasa mengerjakan tugas yang tak habis-habis. Teknik ini dapat meminimalisir waktu yang terbuang sia-sia karena pelajar terlalu fokus belajar sepanjang hari, hingga melupakan hal-hal kecil yang dilakukan.

Selain itu, teknik ini juga mengharuskan mematikan jaringan sementara waktu setiap 25 menit supaya waktu 25 menit ini cukup untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan fokus tanpa terdistraksi dengan hal-hal lain.

Kenapa teknik ini menjadi sangat efektif?

Teknik ini bisa menjadi sangat efektif karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jonathan Schooler bahwa setiap harinya rata-rata pikiran manusia menghabiskan waktu 15-20% dari waktunya untuk memikirkan hal lain di luar pekerjaannya, yang membuat tugas seseorang lama untuk selesai dikerjakan.

Tidak hanya itu, menurut jurnal yang diterbitkan Cognition, dimana istirahat singkat bisa membantu menjaga fokus seseorang terhadap pekerjaannya, hal ini benar-benar baik dilakukan untuk menjaga kesehatan mental seseorang yang melakukan tugasnya dengan fokus.

Teknik Pomodoro ini sendiri bisa dilaksanakan dengan efektif dalam tim dengan melalui 5 tahapan seperti yang dijelaskan oleh XIaofeng Wang, dalam tulisannya yang berjudul “Turning Time from Enemy into an Ally Using The Pomodoro Technique”, berikut tahapan melaksanakan Teknik Pomodoro secara efektif.

  • Lakukan Perencanaan

Tentukan aktivitas apa saja yang dilakukan dalam satu hari, ini paling mendasar untuk menentukan hal apa yang ingin kamu lakukan, tugas pelajaran apa yang harus kamu kerjakan dalam satu hari itu

  • Penghimpunan

Kamu perlu mengumpulkan semua data dari tugas-tugas sekolahmu, materi yang kamu kumpulkan akan mempermudah kamu dalam menyelesaikan tugasmu.

  • Pencatatan

Mulai menyusun tugasmu satu persatu, mana yang harus dikerjakan dahulu, mana yang akan dikerjakan dalam 25 menit berikutnya

  • Proses

Kerjakan tugasmu sekarang juga, ubah semua data mentahmu menjadi informasi jawaban dari tugas-tugasmu

  • Visualisasi

Setelah tugas dikerjakan semua, mulailah untuk menyajikan tugasmu dalam format yang sudah diberikan oleh gurumu. Sajikan informasi dalam format yang mudah dipahami dan bisa diubah untuk diperbaiki berulang kali

Nah, sudahkah kamu siap memerangi rasa malasmu karena masih menghadapi sekolah daring? Yuk, mulai gunakan teknik pomodoro ini untuk mempermudah caramu untuk belajar di rumah dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk hal-hal yang tidak penting, apalagi sampai mengabaikan tugasmu.

Sumber: “Podomoro Technique: Teknik Efektif untuk Bekerja Produktif”. Djkn.kemenkeu.go.id . 28 Agustus 2020. 4 Mei 2021. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13344/Pomodoro-Technique-Teknik-Efektif-Untuk-Bekerja-Produktif.html .

Share to your beloved people

Leave a Reply

twenty − fourteen =