Susu Jadi Obat Tidur? Begini Fakta Ilmiahnya!

Setiap manusia di muka bumi ini pasti tidur, sebab tidur adalah kebutuhan pokok setiap manusia. Tidur yang cukup dapat menjaga kesehatan tubuh supaya bisa meregenerasi sel-sel yang rusak. Waktu untuk tidur yang baik ialah selama 7 – 8 jam sehari, namun beberapa orang mengalami kesulitan untuk tidur. Kendati demikian, ternyata susu hangat mempunyai manfaat untuk merelaksasi tubuh sehingga cepat mengantuk, lho!

Rasa Kantuk dari 2 Faktor

Dilansir dari Fimela, ternyata para ahli mengungkapkan bahwa rasa kantuk ini terjadi karena dua faktor psikologis dan fisiologis. Nah, ada triptofan yang terkandung dalam susu bisa membuat kantuk akibat melatonin yang dilepaskan.

Namun, rasa kantuk ini terjadi karena efek psikologis karena perasaan nyaman yang dirasakan setelah meminum susu hangat bisa menginduksi bahan kimia di otak yang bisa membentuk sensasi relaksasi yang memicu rasa kantuk.

Jadi, sebenarnya susu yang menghangatkan tubuh ini membuat otot lebih rileks dan memperlambat respons, makanya setelah meminum susu hangat sering memicu rasa kantuk.

Fakta Ilmiah

Menurut Khomsan (2004) susu mengandung banyak asam amino triptofan yang merupakan salah satu bahan dasar melatonin. Hasil serotonergik sangat dipengaruhi oleh hasil metabolisme asam amino trypthopan, lho.

Semakin bertambahnya jumlah trypthopan, maka jumlah serotonin yang terbentuk juga meningkat akan menyebabkan keadaan mengantuk atau rasa ingin tidur. Bila serotonin dari trypthopan terhambat pembentukannya, maka yang terjadi ialah kesulitan untuk tidur.

Menurut beberapa peneliti lokasi yang terbanyak sistem serotogenik ini terletak pada nucleus raphe dorsalis dengan tidur REM (Japardi, 2002). Jadi, dianjurkan untuk meminum susu sebelum tidur, agar tubuh dapat beristirahat dengan baik. Hal ini didukung penelitian Harliani (2013) yang menyatakan bahwa ada pengaruh pemberian susu hangat sebelum tidur terhadap pemenuhan kebutuhan tidur pada lansia.

Jadi, siapa yang masih sulit tidur? Kamu bisa langsung atasi dengan meminum susu hangat, ya!

sumber:

Widodo, Dani Sulistyo, dkk. “Studi Komparasi Minum Susu Hangat dan Teh Chamomile Hangat Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Tidur Lansia”. 2014: Online.

“Mengapa Minum Susu Bisa Bantu Seseorang Lebih Mudah Tidur?”. Fimela. 9 Januari 2018. 17 Mei 2021. < Mengapa Minum Susu Bisa Bantu Seseorang Lebih Mudah Tidur? – Beauty Fimela.com >

Share to your beloved people

Leave a Reply

seven − 7 =