Sulit Menerima Pelajaran? Yuk, Kenali Tipe Belajarmu!

Semua orang pada dasarnya cerdas, ini adalah kalimat klise yang memang benar adanya, metode belajar yang tidak sesuai dengan diri individulah yang membuatnya tidak bisa menerima pembelajaran dengan baik. Hal ini karena tipe belajar tiap individu pasti berbeda dan tidak bisa disama-ratakan. Salah satu isu Pendidikan di Indonesia dimana pelajar adalah seragam dengan metode yang sama pula.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa belajar sendiri dari rumah setelah menerima materi pembelajaran di sekolah, karena kamu  hanya perlu mengenal bagaimana tipe belajar yang sesuai dengan dirimu. Masih mencari tahu?

Tipe belajar yang popular ialah visual, auditori, kinestetik dan membaca atau menulis. Meskipun ada individu yang bisa belajar dengan empat tipe tersebut, namun tak jarang mereka mempunyai satu tipe utama dalam belajar.

Dilansir dari kalbaronline.com, berikut adalah tipe-tipe belajar yang harus kamu ketahui. Yuk, simak tipe belajar dan temukan tipe yang sesuai dengan dirimu!

  • Tipe Belajar Visual

Individu dengan tipe belajar visual lebih mudah menerima informasi secara visual, baik dalam bentuk map, grafik, diagram dan lain sebagainya. Kendati demikian, tidak semua orang dengan tipe ini akan menyukai informasi dalam bentuk foto ataupun video, lho. Hal ini karena jenis visual yang disukainya ialah pola atau bentuk.

  • Tipe Belajar Auditori

Individu dengan tipe ini akan menerima informasi lewat pendengaran atau pembicaraan lebih baik. Baginya, hal ini membuatnya lebih mudah mencari ide setelah berbicara dengan orang lain, karena membicarakan suatu hal bisa membantu mereka memahami apa yang mereka cari. Dalam sekolah, mereka adalah orang-orang yang lebih baik menerima materi pembelajaran saat guru menjelaskan atau melalui diskusi kelompok.

  • Tipe Belajar Kinestetik

Tipe belajar kinestetik ini bisa dengan mudah diterima oleh individu yang lebih mudah menerima informasi melalui praktek. Mereka menyukai belajar hingga memahami informasi lewat pengalaman. Maka, individu dengan tipe ini bisa menerima pembelajaran melalui pengalaman pribadi, praktek, eksperimen dan simulasi.

  • Tipe Belajar Membaca Atau Menulis

Tipe belajar ini bisa mudah diterima oleh individu yang lebih mudah menerima informasi melalui kata-kata, baik itu menulis maupun membaca. Biasanya, tugas atau ujian tulis dapat dengan mudah mereka kerjakan.

Kepribadian yang Selaras

Nah, kepribadian tiap individu dengan tipe ini pun bisa selaras, lho. Dimana individu dengan Tipe Belajar Visual lebih tidak mudah terganggu dengan keributan. Mereka akan mengingat apa yang mereka lihat daripada apa yang mereka dengar. Mereka juga lebih suka membaca daripada dibacakan. Orang-orang ini cenderung menyukai musik namun kurang minatnya terhadap seni lainnya. Bahkan mereka lebih suka melakukan demonstrasi disbanding berpidato, mereka juga baik dalam mengingat dengan asosiasi visual.

Bagi mereka yang cenderung menjadikan Tipe Belajar Auditif sebagai tipe utama akan mempunyai karakter yang mudah terganggu konsentrasinya oleh keributan, mereka belajar dengan mendengarkan dan mengingat yang didiskusikan daripada yang dilihat. Selain itu mereka gemar membaca dengan suara keras dan mendengar apa yang mereka baca. Paling tidak, mereka akan menggerakkan bibir mereka saat membaca buku. Mereka akan lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya. Kendati demikian, orang dengan tipe ini punya masalah dengan pekerjaan yang melihatkan visualisasi, seperti membuat puzzle. Mereka juga bisa mengulangi kembali dan menirukan nada, berirama dan memahami warna suara, lho!

Kalau Tipe Belajar Kinestetik akan belajar melalui gerakan dan sentuhan, makanya mereka belajar melalui memanipulasi dan praktek, lalu menghafal dengan cara berjalan atau melihat. Mereka juga suka menggunakan jari mereka sebagai petunjuk ketika membaca. Meskipun kesulitan dalam menulis, mereka hebat dalam bercerita, lho! Mereka juga suka permainan yang menyibukkan dan sulit mengingat geografi, kecuali benar-benar tinggal di tempat itu.

Terakhir, individu dengan Tipe Belajar Menulis atau Membaca bisa menyesuaikan diri tergantung pada situasi keramaian. Mereka sebenarnya bisa ada di ketiga tipe belajar sebelumnya karena metode belajar yang hampir sama. Namun mereka akan lebih mudah Ketika harus menulis ataupun membaca. Pastinya, mereka membutuhkan suasana yang cukup tenang. Biasanya mereka juga suka mendengarkan music, lho. Ada cukup banyak penulis yang bahkan menjadi musisi ataupun menulis syair, seperti Fiersa Besari, Andrea Hirata atau Juditch Chung.

Jadi, apa tipe belajar kamu yang paling utama? Apapun tipenya, kenali dan mulailah rajin untuk belajar!

Share to your beloved people

Leave a Reply

eleven + ten =