Sci-Fi: Next Generation, Belajar Sains Jadi Lebih Menyenangkan!

Eureka baru saja mengadakan Sci-Fi: Next Generation yang sukses diselenggarakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 15 dan 19 Juli 2021. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring via zoom ini ialah kegiatan Workshop Menulis Cerita Pendek, dan diikuti oleh 21 peserta dengan keaktifan sekitar 15 peserta.

Eureka sangat mendukung kemajuan sains dan teknologi dan melalui kegiatan ini, Eureka memberikan bukti nyata dukungannya. Sci-Fi atau fiksi ilmiah adalah suatu bentuk fiksi spekulatif yang terutama membahas tentang pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan terhadap masyarakat.

Dokumentasi Sci-Fi: Next Generation, Workshop Menulis Cerpen Hari Pertama

Eureka yang memang sangat peduli terhadap literasi anak bangsa pun mempersembahkan pelatihan menulis cerpen ini, dimana minat peserta terhadap sains akan semakin diasah dengan literasi. Kegiatan ini dinarasumberi oleh AC Mahendra K Datu, Ign. T. Yophiandi Kurniawan dan Zainul Abidin, Ph.D.

Ketiga narasumber ini memiliki latar belakang berbeda, dimana AC Mahendra K Datu bukan hanya Direktur Eureka, namun juga seorang penulis non fiksi dan fiksi sehingga sangat cocok untuk mengembangkan minat peserta terhadap literasi.

Dokumentasi Sci-Fi: Next Generation, Workshop Menulis Cerpen Hari Pertama

Ada juga Ign. T. Yophiandi Kurniawan, seorang jurnalis di Kompas (yang juga pernah menjadi wartawan di Detik.com dan Tempo) yang mampu memberikan pemahaman menulis dengan menarik dan spesifik.

Selain itu, Zainul Abidin, Ph.D yang mana beliau adalah seorang Doctor of Philosophy di Theoretical Physics, The College of William and Mary, Virginia, USA dan Olympiade Expert Eureka ini mampu memberikan pemahaman sains secara mendetail.

Selain 3 narasumber yang luar biasa, Eureka juga mempersembahkan mentoring khusus peserta Sci-Fi: Next Generation ini, Zainul Abidin, Ph.D dan Herry Kwee, Ph.D yang sama-sama seorang Olympiade Expert Eureka. Mentor dan narasumber ini ikut serta membahas konsep satu-persatu peserta untuk hasil yang memuaskan, sebab cerita terbaik akan dibukukan.

Dokumentasi Sci-Fi: Next Generation, Workshop Menulis Cerpen Hari Kedua

Peserta mendapat pengetahuan sekaligus mempraktekkan secara langsung terkait tips dan trik kepenulisan dan berita terupdate seputar sains dan teknologi bersama narasumber dan mentor. Dalam dua kali pertemuan ini, Mahendra selalu mengungkapkan supaya peserta semangat dalam membuat karya.

Karya terbaik nantinya akan dibukukan dan dipublikasikan secara luas. Karya tulis Sci-Fi ini tentunya akan menjadi buku yang sangat menarik, apalagi mengingat belum populernya karya sejenis ini di tengah-tengah masyarakat Indonesia, meskipun karya dari luar negeri tentunya sudah menjadi favorit masyarakat pada umumnya.

Jadi, jangan sampai kelewatan kegiatan terbaru dari Eureka yang tentunya mengedukasi dan tetap terkini tentang sains dan teknologi. Teruslah berkarya, karena dengan berkarya, maka kita abadi!

Share to your beloved people

Leave a Reply

nine + eighteen =