Resensi Buku, 11:11

Identitas Buku:

  1. Judul Buku: 11.11
  2. Penerbit: Media Kita
  3. Tahun Terbit: 2018 (cetakan pertama)
  4. Jumlah Halaman: 302 hlm
  5. Nomor Edisi: ISBN 978-979-794-569-5
  6. Harga Buku: Rp 88.000,- (untuk Pulau Jawa) Sinopsis Album Buku #2 11.11

Sinopsis

Buku ini menceritakan tentang sebuah kisah yang beragam, tepat sekali! Buku ini merupakan kumpulan cerita pendek yang di akhir cerita kita akan mendapatkan sebuah lirik lagu. Berarti setiap lagu itu mempunyai latar cerita yang berbeda – beda.

Banyak yang menceritakan tentang sosok Ainy sedari awal buku ini terbit. Namun saya lebih tertarik memberi gambaran cerita dari buku ini dengan cara yang lebih sederhana. Buku ini mempunyai alur yang tak terduga di setiap ceritanya. Akhir dari masing – masing cerita mempunyai plot twis – nya masing – masing namun bukan berarti ceritanya tidak mudah ditebak.

Untuk seseorang seperti saya yang menyukai drama, kisah ini memberi saya berimajinasi dengan tragis sehingga ketika masuk di klimaks cerita, menjadikan buku ini mendadak pedih menyayat meski belum ada di akhir. Salah satu cerita menariknya adalah pembaca akan diajak berfantasi dengan segala imajinasi Bung dalam menulis.

Cerita-cerita ini membentuk sebuah garapan sederhana bagi saya untuk memahami bahwa buku ini sangat imajinatif. Tidak heran sebab tontonan Bung yang tampak di media sosialnya memang begitu imajinatif atau cerita-ceritanya fantasi. Sosok – sosok yang ada dalam cerita memberikan arti hidup, dengan kata lain setiap karakternya sangat hidup di dalam cerita.

Salah satu tokoh karakter yang saya sukai ialah Senggani, bagaimana dalam cerita tersebut alurnya bisa maju kemudian mundur dan kembali maju untuk menjadi akhir cerita. Namun, tetap saja sama seperti buku-buku Bung sebelumnya, kisahnya begitu realistis menggambarkan dunia saat ini, dan tentu dengan cara yang imajinatif.

Kelebihan:

Buku ini mempunyai kelebihan cerita yang variatif dan sangat menyenangkan, membuat kita berada pada tiap alam yang berbeda tiap berganti cerita. Buku ini juga begitu menarik dengan kisah – kisahnya yang tidak begitu klise. Bahkan akhir dalam cerita ini begitu mengagumkan sebab sulit untuk ditebak. Seperti buku – buku sebelumnya, buku ini begitu realistis dan memberi gambaran akan suatu suasana bersejarah dengan cara yang berbeda. Sungguh, kisah percintaan dalam buku ini tidak seperti kisah cinta remeh yang biasa ditemui, sangat menarik untuk dibaca.

Selain itu untuk bukunya, kita bisa mendapatkan lagu – lagu Bung secara gratis sebab ada barcode di dalamnya untuk kita bisa mendapatkan lagu di album 11.11 ini. Cover buku juga sangat menarik, simple namun tidak sederhana, sangat elegan. Pun didukung dengan cover yang timbul membuat kita mudah mengetahui mana buku asli mana buku bajakan di pasaran. Kertas yang digunakan juga tidak bau, justru aromanya begitu baik, Media Kita sukses dalam hal ini. Selain itu kertas juga bukan sekadar kertas tipis, benar – benar pilihan tepat.

Kekurangan:

Baiklah, kekurangan buku ini tentu saja sama seperti buku Bung yang lain bagi saya, bahasanya terlalu sulit dipahami orang awam yang tidak suka membaca buku berat, jelas buku ini berat menurut saya meskipun saya memahaminya, saya tidak yakin pembaca lain bisa begitu memahaminya. Namun ini tujuan bagus untuk pembaca rajin membuka KBBI dan menambah kosakata pula.

Buku ini juga terlalu tebal untuk sekelas pembaca yang kurang suka baca. Mungkin untuk kawan Bung buku ini tak akan jadi masalah, apalagi yang memahami intisari cerita. Berbeda dengan pengkritik tanpa karya yang akan habis-habisan menghina kumpulan cerpen bisa setebal ini.

Resensi Karya Iftihal Muslim Rahman, Pemenang Juara 3 Lomba Resensi Eureka

Share to your beloved people

Leave a Reply

ten + 13 =