Mengenal Debit Andalan, Bisa Menghitung Debit Air di Waduk, lho!

Pernahkah kamu melihat waduk? Sebuah genangan air yang sangat besar, yang dibuat untuk mensuplai kebutuhan irigasi, pengendalian banjir, hingga tempat yang menghasilkan energi. Masih banyak fungsi waduk dibuat, karena manfaatnya yang sangat banyak bagi kebutuhan makhluk hidup.

Waduk yang serba guna pasti akan membutuhkan strategii pengoperasian yang berbeda dengan waduk dengan tujuan tertentu, lho! Waduk bisa menjadi optimal jika dalam analisisnya bisa memperhitungkan keseimbangan antara storage da release, yang artinya harus diusahakan supaya mendapat sumber daya air yang bisa dimanfaatkan dengan optimal.

Selanjutnya, pengeluaran air dalam pengoperasian sebuah waduk ternyata dipengaruhi oleh inflow yang masuk ke dalam waduk, lho. Dilansir dari detik.com, pada tahun 2020 kemarin, selain menyusut akibat kemarau, volume air Waduk Darma, Kabupaten Kuningan juga terus berkurang karena tiap harinya selalu menyalurkan air untuk PDAM dan saluran irigasi.

Namun, tahukah kamu berapa jumlah debit air yang terjadi perdetiknya? Mari kita pelajari sekarang untuk mengetahui contoh perhitungan ketersediaan air dengan menggunakan rumus debit andalan.

Nah, debit andalan sendiri merupakan debit maksimum yang mampu dipakai untuk irigasi. Perhitungan debit andalan bertujuan supaya kamu mampu mengoptimalkan sumber air yang dipakai sebagai irigasi. Debit air bisa dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini:

Q = A x V

Keterangan:

Q : Debit aliran (m3/s)

A : Luas penampang (m2)

V : Kecepatan Aliran (m/s)

Jika sudah, waktunya mulai belajar dengan contoh soal di bawah ini!

Pertanyaan:

Suatu hasil survei di sebuah waduk memperoleh sebuah data bahwa luas tampang basah saluran (A) sebesar 0,18 m2 dan memiliki kecepatan alira rata-rata di saluran (V) sebesar 0,91 m/detik.

Pertanyaan:

Berapakah debit air di saluran (Q) yang tersedia dalam waduk tersebut?

Jawaban:

Q = A x V

    = 0,18 m2 × 0,91 m/detik

    = 0,16 m3/detik

Maka, diperkirakan debit andalan konstan pada setiap bulan sesuai dengan debit air yang tersedia sebesar 0,16 m3/detik.

Share to your beloved people

Leave a Reply

fifteen − 7 =