Mari Rayakan Hari Remaja Internasional Dengan Kegiatan Produktif, Mana Favoritmu?

Setiap tanggal 12 Agustus diperingati sebagai Hari Remaja Internasional sejak tahun 1965 melalui Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, dimana telah dimulai upaya bersama untuk mempengaruhi kaum muda. Mereka berhasil mengesahkan Deklarasi tentang Promosi di antara remaja yang bercita-cita akan perdamaian, saling menghormati dan pemahaman antar bangsa.

Hal ini dilakukan guna bentuk nyata tercurahkannya waktu dan sumber daya untuk memberdayakan kaum muda dengan mengenali para pemimpin yang akan datang dan menawarkan kepada mereka perihal sumber daya untuk memenuhi kebutuhan dunia.

Nah, untuk memperingati hari ini, mari kita mengetahui bagaimana cara para remaja untuk berperan aktif di tingkat nasional dan internasional dengan tujuan menjadi remaja yang produktif. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak artikel berikut ini:

1.       Menjadi Relawan (Volunteer)

Pekerjaan sukarelawan atau yang biasa disebut volunteer ini selalu memberikan rasa kepuasan dan prestasi, lho. Tindakan ini ialah tindakan tanpa pamrih yang membuat seseorang memahami pentingnya kehidupan manusia. Mereka akan memberikan waktu luang untuk membantu di tempat penampungan hewan, mengajar anak-anak kurang mampu, membersihkan taman setempat, dan lain sebagainya.

Ada banyak media yang bisa memberikanmu informasi caranya menjadi relawan, kamu bisa mencari di sosial media maupun laman di jagat internet!

2.       Kamp Olahraga

Untuk kamu yang menyukai olahraga, maka kamp olahraga sangat cocok untukmu. Kamu bisa mempelajari dan berlatih cabang olahraga yang kamu minati. Kamu bukan hanya memainkan olahraga favorit saja, melainkan juga membuat tubuhmu tetap bugar karena terus berolahraga.

Kamp olahraga akan mengajarkan pembangunan tim dan membantu mengembangkan keterampilan organisasi dan kepemimpinan. Saat kamu memiliki latar belakang sebagai olahragawan yang baik, bukan tidak mungkin kamu akan mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

3.       Magang

Saat kamu mempunyai waktu luang, maka magang bisa menjadi pilihan yang baik untukmu. Kamu bisa belajar caranya bekerja, bahkan kamu akan belajar membagi waktu dengan baik. Selain itu, tidak jarang perusahaan akan memberikanmu honor untuk pekerjaanmu, lho!

Tak jarang perusahaan akan memberikan peluang lebih besar kepada anak magangnya untuk menjadi karyawan tetap di perusahaannya. Tertarik? Cobalah untuk mencari-cari jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu, sehingga bekerja menjadi hal yang sangat menyenangkan buatmu!

4.       Menambah Portofolio

Ini sangat penting untuk kamu lakukan. Sejak masa sekolah, mulailah untuk membuat portofolio tentang bakatmu. Misalnya, jika kamu menyukai literasi, kamu bisa membuat tulisan artikel atau cerita fiksi maupun non fiksi yang nantinya akan menjadi portofoliomu sebagai seorang penulis atau pembuat konten tulisan.

Kamu juga bisa memasukan bakat fotografi atau bakat-bakat lainnya. Jangan sia-siakan masa mudamu hanya untuk bermain, ya! Teruslah kembangkan bakatmu!

5.       Belajar Bahasa

Tidak ada hal yang tidak memiliki manfaat, misalnya saat kamu menekuni pembelajaran bahasa. Kamu bisa belajar bahasa asing dan mulai mengambil pelajaran daring atau bergabung lembaga bahasa tertentu. Jika kamu bermimpi berkeliling dunia, maka hal ini harus kamu biasakan.

Belajar bahasa bukan hanya bahasa dari luar negeri, lho. Ada bahasa-bahasa daerah yang pastinya sangat menyenangkan untuk kamu coba pelajari!

Nah, jadi kegiatan apa yang ingin kamu lakukan? Atau bahkan sudah kamu lakukan? Tetaplah semangat dan membuat masa mudamu menyenangkan dengan selalu produktif, ya!

sumber: 

https://www.momjunction.com/articles/productive-activities-for-teenagers_00398552/

Share to your beloved people

Leave a Reply

four × three =