Inilah Alasan Tuts Keyboard Tidak Berurutan Abjad

Saat ini, keyboard sangat tidak asing lagi, hamper semua pekerjaan bahkan hobi mengharuskan kita menggunakan laptop atau computer, maka sudah pasti kita akan menggunakan keyboard. Namun, pernahkah kamu memikirkan kenapa huruf-huruf pada keyboard dibuat acak dan tidak sesuai abjad?

Dilansir dari theguardian.com keyboard ada pertama kali dalam bentuk mesin ketik tahun 1868 yang ditemukan oleh Christopher Latham Sholes dan mesin yang pertama kali ia rangkai ini masih sangat sederhana. Mesin yang masih sangat sederhana ini digunakan dengan memakai tangka sehingga saat ditekan akan bergerak dan mencetak huruf pada kertas yang sudah disediakan.

Sholes saat itu masih menyesuaikan urutan abjad ABCD, belum menggunakan urutan abjad QWERTY. Orang-orang jadi lebih mudah dalam mengetik karena sudah hapal dengan urutan abjad sehingga jauh lebih mudah untuk mulai mengetik.

Kendati demikian, ternyata ada masalah baru dimana mesin ketik yang masih menggunakan tangkai itu seringkali macet karena orang-orang terlalu cepat mengetik, hal ini membuat tangkai akan salin berhimpitan, lho!

Hal ini akhirnya membuat Sholes berpikir bahwa penemuannya masih membutuhkan perhatian. Kemudian pada tahun 1873, seorang ilmuan  bernama E.Remington akhirnya mencetuskan untuk mengacak huruf keyboard (seperti yang kita gunakan hari ini) guna memperlambat kinerja mengetik seseorang, tujuan lainnya juga tentu saja untuk mencegah kerusakan pada mesin ketik.

Nah, kombinasi huruf QWERTY ini dianggap E. Remington sebagai kombinasi paling sulit dan ternyata cara tersebut dapat mengurangi tingkat kerusakan mesin ketik di masa itu. Tapi hal ini tak lantas membuat keyboard pada komputer menjadi abjad ABCD meskipun tidak akan membuat keyboard komputer macet.

Tahukah kamu mengapa begitu? Jawabannya sangat mudah, yaitu karena keyboard QWERTY sudah terlalu lama digunakan, sehingga sudah menjadi kebiasaan para penggunanya. Bahkan beberapa orang sudah hapal betul letak abjad di keyboard QWERTY sehingga tetap dapat mengetik dengan cepat.

Jadi, di umur berapa kamu mengetahui keyboard QWERTY digunakan untuk memperlambat kecepatan mengetik?

Sumber:

https://www.theguardian.com/notesandqueries/query/0,5753,-27297,00.html

https://www.brilio.net/news/inilah-asal-usul-kenapa-huruf-pada-keyboard-tidak-urut-abjad-huruf-pada-keyboard-dibuat-acak-150425m.html

https://www.idntimes.com/tech/trend/indra/kenapa-susunan-keyboard-gak-berurutan-berbentuk-qwerty

Share to your beloved people

Leave a Reply

17 − nine =