Ikut Merayakan Hardiknas, Begini Keseruan Eureka Talk 5!

(02/05/2020) Hari Pendidikan Nasional seringkali diperingati dengan perayaan tenaga pendidik dan para pelajar untuk memperingati betapa pentingnya pendidikan bagi kehidupan. Eureka Edutech pun tidak kelewatan, sebagai start up pendidikan yang menyediakan konten sederhana yang dapat meningkatkan efektivitas belajar pun ikut memperingati dengan mengadakan Eureka Talk 5 yang bertajuk Pemberdayaan Masyarakat Setempat Melalui Literasi secara daring di aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Direktur Eureka, yaitu AC Mahendra K Datu dengan narasumber Tri Mumpuni, Direktur Eksekutif IBEKA. Acara yang diselenggarakan sejak pukul 10.00 – 11.30 WIB ini dihadiri oleh 55 orang peserta yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia dan berbagai latar belakang. Beberapa diantaranya ialah tenaga pendidik dan pelajar.

Dalam kegiatan ini, Tri Mumpuni menjelaskan bagaimana pentingnya pemberdayaan masyarakat setempat melalui literasi, baginya literasi sangatlah penting untuk menunjang pemerataan pemberdayaan masyarakat setempat, khususnya di daerah-daerah terpencil di Indonesia. “Setiap orang yang ingin belajar dan meningkatkan kapasitasnya, itulah gambaran kecil literasi” jelas Tri Mumpuni.

Adapun sarana literasi yang digunakan harus menyesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing tempat. Sebagai seorang lulusan dari Energy and Sustainable Development International Session di Universidad da Costa Rica (1992), beliau paham bahwa listrik sangatlah penting sebagai salah satu kontribusi untuk meningkatkan literasi. Hal ini mengingat tingkat literasi di daerah terpencil masih sangat rendah, bahkan masih banyak masyarakat, khususnya wanita yang akan menjadi ibu masih buta huruf.

Beliau memaparkan solusi terhadap apa saja kontribusi yang bisa diberikan untuk meningkatkan literasi di Indonesia, yaitu calon ibu sebagai guru pertama bagi anaknya harus bebas dari buta huruf dan bisa menjadi pengajar pertama bagi anaknya, sebab ibu harus mempersiapkan diri untuk mampu mendidik anak bangsa.

Sarana literasi yang mudah untuk dilakukan ialah melalui kanal Youtube, Google, Wikipedia, dan lain sebagainya. Contoh kecilnya ialah bagaimana piranti masak sebagai awal ketertarikan untuk meningkatkan literasi, atau perbedaan pupupk organik dan konvensional dan mana yang paling baik untuk digunakan.

IBEKA sendiri berhasil meningkatkan literasi terhadap teknologi yang akan dipasang, membangun solar panel untuk pesantren di Madura bahkan pernah dilakukan untuk meningkatkan literasi di daerah tersebut.

Beliau menjelaskan pula bahwa dalam tatanan masyarakat yang individualis, maka perlu mencari apa commong interest dari masyarakat setempat yang menjadi masalah utama untuk melakukan pemberdayaan masyarakat setempat. Acara ini berlangsung sukses dan sangat menarik dengan materi yang dikemas begitu apik oleh Tri Mumpuni, yang diharapkan peserta ke depannya dapat memberikan peran yang lebih baik dalam pemberdayaan masyarakat. (IMR)

Share to your beloved people

Leave a Reply

11 − 9 =