Eureka Talk 6: Kenali Minat dan Mulai Berliterasi

(20/05/2021) Eureka Kembali mengadakan webinar Eureka Talk 6 untuk memperingati Hari Buku Nasional yang diadakan pada tanggal 17 Mei 2021 dengan tema Era Digital Sebagai Media Terbaru Literasi. Acara ini turut mengundang I Made Andi Arsana, seorang penulis yang juga merupakan Dosen Geodesi dan Ketua International Office Universitas Gajah Mada. Diskusi Online ini dilakukan via Zoom pukul 11.00 WIB hingga 12.35 WIB.

I Made Andi menjelaskan bahwa poin penting dalam pengembangan diri bukan terletak pada minat literasi, namun hanya pada minat itu sendiri yang bisa didukung dari berbagai faktor untuk mengembangkannya. Literasi adalah penuh perhatian, dimana alam terkadang bisa menjadi guru, inilah mengapa dalam berliterasi kita perlu memperhatikan apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita ataupun hal-hal yang kita perhatikan.

Dalam dunia yang sudah berkembang jauh menjadi dunia digital ini, Pak Andi menjelaskan bahwa tidak ada lagi masalah dalam akses di dunia digital. Namun hal ini tentunya tidak termasuk ke dalam masalah sosial, dimana masih ada banyak orang yang tidak mempunyai akses digital karena masalah finansial.

Pak Andi juga menerangkan tantangan literasi digital, dimana hal-hal yang menarik dari internet dan media sosial adalah semua orang bisa berbicara di sembarang tempat lalu mengatakan bahwa itu adalah kutipan dari orang terkenal sehingga semua orang akan memercayainya dan meneruskannya di jagat internet. Hal ini terjadi karena kita membaca dari internet.

Dalam berliterasi kita bisa memulai dengan membaca ataupun menulis, sesuai dengan minat kita. Acara yang seru ini dihadiri oleh kurang lebih 60 peserta yang berasal dari berbagai sekolah, kampus dan instansi di seluruh Indonesia. Dialog interaktif ini pun berjalan dengan cukup lancar dan diharapkan untuk seluruh peserta bisa memahami apa yang menjadi minatnya terlebih dahulu, hingga akhirnya ia bisa mulai berliterasi jika memang minatnya bersinggungan dengan hal tersebut. (IMR)

Share to your beloved people

Leave a Reply

20 − three =