Bukti Pengabdian, Inilah Alasan Terjadinya Hari Bhakti TNI AU

Tahukah kamu kalau setiap tanggal 29 Juli menjadi satu tanggal monumental yang diperingati oleh TNI AU tiap tahunnya? Hari tersebut adalah Hari Bhakti TNI AU. Peringatan Hari Bhakti TNI AU ini ternyata dilatarbelakangi oleh dua peristiwa penting dalam satu hari pada 29 Juli 1947, lho.

Peristiwa Pertama

Pagi hari itu, ada tiga kadet penerbang TNI AU, yaitu Kadet Mulyono, Kadet Suharnoko Harbani dan Kadet Sutarjo Sigit yang sedang menggunakan dua pesawat Cureng dan satu Guntei.

Mereka ini berhasil melakukan pengeboman terhadap kubu-kubu pertahanan Belanda di tiga tempat, masing-masing di kota Semarang, Salatiga, dan Ambarawa.

Peristiwa Kedua

Kendati demikian, kejadian berikutnya justru menjadi kejadian nahas dimana telah gugur tiga perintis TNI AU, yaitu Adisutjipto, Abdurahman Saleh dan Adisumarmo setelah pesawat yang mereka kendarai, DAKOTA VT- CLA terjatuh.

Pesawat ini jatuh di daerah Yogyakarta, tepatnya di daerah Ngoto. Pesawat ini bukanlah pesawat militer, lho, melainkan pesawat sipil yang tengah disewa pemerintah Indonesia untuk membawa bantuan obat-obatan Palang Merah Malaya.

Penembakan ini dilakukan oleh dua pesawat militer Belanda jenis Kittyhawk karena merasa kesal dengan pengeboman para kadet TNI AU di pagi harinya. Sungguh bukan balasan yang setimpal, ya, mengingat saat itu anggota TNI AU ini sedang membawa obat-obatan.

Mengenang Jasa

Adanya hari ini adalah untuk mengenang jasa-jasa dan pengorbanan ketiga perintis TNI AU tersebut yang mulai dilakukan sejak tahun 2000. Peringatannya pun tepat di lokasi jatuhnya pesawat DAKOTA VT- CLA, yaitu daerah Ngoto.

Dibuatkan pula sebuah monumen perjuangan TNI AU sehingga lokasi tersebut dibangunkan tugu dan relief tentang dua peristiwa bersejarah tersebut, bukan tidak lain untuk mengetahui latar belakang terjadinya hari tersebut. Jadi, masyarakat bisa belajar sejarah perjuangan ini.

Pada lokasi monument ini juga dibangun makam Adisutjipto dan Abdurachman Saleh beserta istri-istri mereka.

Tujuan Peringatan

Tujuan diperingatinya Hari Bhakti Angkatan Udara oleh TNI AU ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai perjuangan dan mengakui betapa besarnya nilai-nilai tersebut untuk dijadikan panutan, serta pedoman bagi perjuangan selanjutnya.

Diharapkan adanya generasi penerus yang merasakan hasil cita-cita yang para pahlawan ini dambakan. Kemerdekaan dan kebebasan dari penjajah.

Hari Berkabung AURI

Tapi, tahukah kamu bahwa setiap tanggal 29 Juli ini awalnya menjadi Hari Berkabung AURI untuk merefleksikan keagungan Hari Pahlawan pada 10 November, sehingga Hari Berkabung AURI ini tidak mengenyampingkan esensi dari hari nasional tersebut.

AURI ini dapat terus mengenang dan menghormati pahlawan-pahlawan AURI secara khusus maupun secara tradisional, tidak lain adalah untuk membawa efek psikologis yang sangat penting bagi keluarga besar TNI AU. Sebab, semangat juang dan pengabdian terhadap masyarakat sangatlah diperlukan.

Peringatan Hari Bhakti TNI AU

TNI AU telah menyadari bahwa perjuangan serangan udara pertama pada pagi hari itu memancarkan nilai-nilai kejuangan yang patut dilestarikan. Maka, sudah selayaknya bahwa kedua peristiwa pagi dan sore tanggal 29 juli 1947 tersebut merupakan Bakti Prajurit TNI-AU dalam bentuk perjuangan tanpa pamrih. Akhirnya ditetapkanlah, berdasarkan Skep Kasau No Skep/34/VII/1976 tanggal 29 Juli 1947 diperingati sebagai Hari Bakti TNI-AU.

Sejak saat itulah, TNI AU melaksanakan upacara Hari Bakti, yang dipusatkan di Yogyakarta. Tidak hanya di Yogyakarta, upacara ini juga dilakukan di satuan masing-masing. Makna upacara Hari Bhakti AURI ini adalah usaha mendorong warga TNI-AU untuk kembali mempelajari dan menelusuri perjuangan, pengorbanan dan kebaktian pahlawan-pahlawannya.

Sehingga, di kemudian hari bisa terus dilanjutkan, dipelajari dan diamalkan dengan sebaik-baiknya serta dapat dijadikan sebagai sarana “koreksi diri”, sehingga setiap tahunnya senantiasa semangat juang prajurit TNI-AU dapat ditingkatkan.

Sumber:

www.tni-au.mil.id 

http://malahayati.ac.id/?p=31736 

https://caritahu.kontan.co.id/news/hari-tni-au-9-april-2021-sejarahnya-dan-peringatan-hari-bhakti-tni-au#:~:text=Peringatan%20Hari%20Bhakti%20TNI%20AU%2C%20dilatar%20belakangi%20oleh%20dua%20peristiwa,hari%20pada%2029%20Juli%201947.&text=Penembakan%20dilakukan%20oleh%20dua%20pesawat,TNI%20AU%20pada%20pagi%20harinya.

Share to your beloved people

Leave a Reply

sixteen − 9 =