Bukan Hanya Jadi Penerima FDI Terbesar Ke-3, Inilah Fakta ASEAN Lainnya!

Setiap tanggal 8 Agustus diperingati sebagai Hari Ulang Tahun ASEAN. Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) terus memantapkan diri sebagai pusat manufaktur berbiaya rendah untuk seluruh dunia, menarik investasi dari bisnis asing dan memperkuat arus perdagangan dan investasi dua arah antara Asia dan EU.

Negara-negara anggota ASEAN ini telah membuat kemajuan yang baik dalam meningkatkan kerjasama ekonomi mereka, mendorong digitalisasi dan mengurangi hambatan perdagangan, untuk menciptakan pasar yang diperbesar dengan skala ekonomi yang lebih tinggi.

Dari sepuluh negara anggota ASEAN, (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam), Deutsche Bank memiliki operasi cabang yang lengkap di enam tempat, lho.

Tapi, tahukah kamu fakta-fakta unik tentang ASEAN? Yuk, kita simak apa saja fakta uniknya!

  1. ASEAN diambil sebagai satu kesatuan, ASEAN mewakili pasar terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India dan angkatan kerja terbesar ketiga di dunia dengan 630 juta orang (atau sembilan persen dari populasi dunia). Setengah dari populasinya berusia di bawah 30 tahun, nih.
  2. ASEAN diharapkan menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia pada tahun 2030 (PDB saat ini sebesar USD 2,7 triliun). Wow, besar juga, ya!
  3. ASEAN telah secara dramatis melampaui negara-negara lain di dunia dalam hal pertumbuhan PDB per kapita sejak akhir 1970-an, dengan keuntungan riil tahunan rata-rata lebih dari lima persen. IMF memperkirakan tingkat pertumbuhan yang tinggi ini akan berlanjut setidaknya hingga 2023.
  4. Pada tahun 2000, 14 persen populasi ASEAN berada di bawah garis kemiskinan internasional, tetapi pada tahun 2013, bagian itu turun menjadi hanya tiga persen. Pertumbuhannya sangat pesat, ya!
  5. ASEAN adalah penerima investasi asing langsung (FDI) terbesar ketiga di dunia.
  6. 99 persen dari tarif perdagangan intra-ASEAN telah dihapuskan. Anggota ASEAN sedang mengerjakan kerangka tata kelola data untuk memfasilitasi aliran data yang lebih mudah tentang perdagangan dan perdagangan.
  7. Ekspor bruto dari ASEAN diperkirakan akan mencapai USD 1 triliun pada tahun 2020. Pada tahun 2017, Vietnam mencatat kemajuan terbesar sebesar 19 persen diikuti oleh Filipina sebesar 18 persen (menurut WTO).
  8. Lanskap pembayaran ASEAN melonjak, dari salah satu yang paling berbasis uang dan kertas di dunia menjadi yang paling canggih, dengan pembayaran instan berdasarkan sistem pembayaran elektronik yang disebut ‘ID apa pun’ yang telah diluncurkan di empat pasar.
  9. ASEAN memiliki sekitar 330 juta pengguna internet. Indonesia pasti menjadi salah satu yang terbanyak, ya!

Ada sangat banyak hal yang bis akita pelajari dari ASEAN, sebagai organisasi yang mempunyai anggota beberapa negara berkembang, negara maju di dalamnya bisa menarik kesenjangan ini dan “saling menguntungkan”, dengan kata lain, ASEAN ialah kumpulan negara yang saling menunjang kesejahteraan untuk negara-negara di dalamnya.

Jadi, sudah sampai mana persiapanmu untuk bersaing di ranah ASEAN, bahkan dunia? Yuk, terus belajar, dan pastikan kamu mengembangkan dirimu dalam hal-hal yang kamu minati, maupun yang sudah menjadi bakatmu!

Sumber:

https://www.db.com/newsroom_news/2019/9-things-you-need-to-know-about-asean-en-11469.htm

Share to your beloved people

Leave a Reply

14 − 11 =