Bukan Cuma Mudik, Tradisi Ini Sangat Khas di Indonesia!

Huru-hara Hari Raya Idul Fitri bagi umat Islam atau lebaran di Indonesia sangat kental dengan kemeriahan, seperti perayaan, ada banyak makanan lezat yang dihidangkan, pakaian baru, hingga mudik. Namun, tahukah kamu kalua mudik pada awalnya adalah istilah yang digunakan oleh masyarakat Suku Jawa yang akhirnya menjadi popular di telinga masyarakat Indonesia? 

Mudik sendiri maksudnya adalah pulang ke kampung halaman, hal ini bermakna orang-orang yang tinggal di kota akan pulang ke kampung halamannya. Seperti Jakarta yang menjadi pusat perekonomian di Indonesia, ada banyak orang dari pelbagai daerah yang turut mengadu nasib di Jakarta, maupun sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Karawang).

Dalam ilmu sosiologim mudik dapat diartikan sebagai penegasan rutin keanggotaan warga kota besar pada komunal daerah asal di desa atau kota-kota yang lebih kecil, mudik pun sarat simbol kultural mengenai cerita sukses warga desa berjuang di kehidupan kota-kota besar yang keras (Gumilar, 2010).

Tahukah kamu kalau mudik ini sangat erat hubungannya dengan segala bidang, mulai dari ekonomi, sosial maupun budaya. Hal ini karena mudik seperti sudah menjadi puncak ritual tahunan masyarakat Indonesia. Ibaratnya, selama beberapa bulan mereka akan mencari peruntungan rezeki di kota besar dan akan berbagi dengan sanak – saudara di kampung halaman. Mudik bukan hanya perkara sosial saja, melainkan ada makna agama serta ekonomi di sana. 

Nah, selain mudik, berikut ini merupakan tradisi unik dari Hari Raya Idul Fitri yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia. Simak, ya!

  1. Hidangan khas lebaran

Indonesia mempunyai makanan khas yang hanya ada saat momen lebaran, lho! Biasanya, di pelbagai daerah akan berbeda jenis makanannya, tapi yang pasti aka nada ketupat untuk meramaikan hidangan selama lebaran Syawal ini. Beragam makanan ini seperti gulai, opor ayam, hingga rendang. Kalau keluargamu akan memasak apa di hari lebaran?

  1. Berbagi Tunjangan Hari Raya (THR)

Bukan hanya orang-orang yang bekerja yang akan mendapatkan THR, tetapi sanak – keluarga hingga tetangga biasanya akan mendapatkan THR juga, lho. Makanya, momen lebaran ini menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu karena rejeki yang bertebaran dimana-mana. Bulan Syawal selalu disambut dengan sangat meriah di Indonesia!

  1. Sungkeman

Indonesia terkenal sebagai negara yang masyarakatnya santun, budaya maaf – memaafkan saat lebaran pun menjadi momen haru Bersama keluarga untuk sungkeman. Sungkeman sendiri biasanya dilakukan awal hari atau saat halalbihalal dengan keluarga besar. Sangat menyenangkan, bukan?

  1. Belanja pakaian baru

Belanja pakaian baru ini sudah menjadi budaya di Indonesia yang membuat semua market place atau pusat perbelanjaan akan melakukan diskon besar-besaran menyambut hari lebaran. Makanya, dari pelbagai kalangan masyarakat ini akan berbondong-bondong membeli pakaian baru untuk dipakai di hari raya. 

  1. Kue khas lebaran

Semua negara pasti memiliki makanan ringan khas saat lebaran untuk disuguhkan pada tamu yang akan bersilaturahmi ke rumah. Kalau di Indonesia, pelbagai jenis kue akan dihidangkan, seperti nastar, kastangel, putri salju, kue kacang dan lain sebagainya. Apa kue favoritmu?

Nah, jadi itulah beberapa tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia saat lebaran tiba. Apa tradisi favorit kamu?

Share to your beloved people

Leave a Reply

nineteen + 4 =