Biofuel, Energi Terbarukan dengan Banyak Manfaat!

Biofuel adalah energi terbarukan yang bisa menggantikan peran bahan bakar minyak (BBM), namun energi ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal di Indonesia. Hal ini karena target penggunaan wajib (mandatori) belum terpenuhi, alasannya sebab pasar biofuel dalam negeri masih belum menarik minat para pengusaha yang akhirnya membuat pemerintah menerapkan dana kelapa sawit (CPO Fund) guna meningkatkan produksi bahan bakar nabati biodiesel.

Biofuel atau BBN akhirnya menjadi salah satu prioritas dalam pengembangan energi terbarukan karena potensi sumber daya di Indonesia yang sangat besar. Apalagi Indonesia merupakan negara agraris yang mempunyai berbagai jenis tanaman minyak nabati, sehingga hal ini cocok untuk mendukung pengembangan biofuel.

Sebenarnya, minyak diesel (solar) sudah menjadi pemegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Biodiesel inilah yang menjadi bahan bakar diesel alternatif yang terbuat dari sumber daya hayati terbarukan yang terbuat dari minyak nabati atau lemak hewani. 

Tahukah kamu jika biodiesel memiliki pelbagai kelebihan dibanding petrodiesel? 

Baik sebagai campuran ataupun petrodiesel untuk bahan bakar murni, biodiesel lebih baik karena dari bahan baku yang dapat diperbaharui, sehingga dapat digunakan pada kebanyakan mesin diesel tanpa modifikasi. Selain itu, biodiesel bersifat lebih ramah lingkungan karena dapat terurai di alam, non toksik, efesiensi tinggi, emisi buang kecil, serta kandungan sulfur dan aromatic rendah (Pinto dkk., 2005).

Adapun peran pemerintah sangatlah dibutuhkan bagi pengusaha sawit untuk mendorong agar pengusaha sawit bisa mengembangkan hasilnya menjadi biodiesel. Caranya ialah dengan membantuk mengatasi penyediaan teknologi, insentif pajak, investasi peralatannya hingga mempersiapkan regulasi pasar untuk produk biodiesel.

Selanjutnya, berikut ini ialah manfaat dari biofuel yang harus kamu ketahui. Simak ya!

  1. Bentuk implementasi program B20

B20 merupakan program pemerintah yang mewajibkan adanya pencampuran 20% biodiesel dengan 80% bahan bakar minyak jenis solar. Jenis sektor sektor yang wajib menerapkan program ini di antaranya usaha mikro, usaha perikanan, usaha pertanian, transportasi dan pelayanan umum atau PSO (Public Service Obligation), transportasi non PSO, industri dan komersial, serta pembangkit listrik.

  1. Keuntungan penerapan program B20

Tahukah kamu, ada banyak manfaat dari penerapan program ini? Dilansir dari IDNTimes, manfaat yang didapatkan ialah meningkatkan ketahanan energi nasional melalui diversifikasi energi dengan mengutamakan potensi energi lokal, menghemat devisa dan mengurangi ketergantungan terhadap impor BBM, meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui hilirisasi industri kelapa sawit, membuka lapangan kerja, dan mengurangi emisi Gas Rumah Kaca dan meningkatkan kualitas lingkungan.

  1. Kenalan dengan B100

Nah, sekarang wakyunya berkenalan dengan Bahan Bakar Nabati untuk mesin atau motor, berupa Fatty Acid Methyl Ester (FAME) yang dihasilkan dari bahan baku hayati dan biomassa lain yang diproses secara esterifikasi. Bahan Bakar Nabati (BBN)/Biofuel adalah salah satu energi yang dihasilkan dari bahan baku bioenergi melalui proses/teknologi tertentu. Bioenergi merupakan energi terbarukan yang berasal dari bahan baku organik.

  1. Dampak biodiesel bagi lingkungan

Dilihat dari Laporan Kajian dan Uji Pemanfaatan Biodiesel 20% (B20) yang sudah dilakukan oleh Ditjen EBTKE, dampak positif energi ini bagi lingkungan ialah kendaraan berbahan bakar B20 menghasilkan emisi CO yang lebih rendah dibandingkan kendaraan B0. Bukan hanya itu kendaraan berbahan bakar B20 menghasilkan emisi Total Hydrocarbon (THC) yang lebih rendah dibandingkan kendaraan B0. Hal ini disebabkan pembakaran yang lebih baik pada kendaraan.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menggunakan tenaga yang terbarukan?

Sumber: 

Murtiningrum, Firdaus Alfa. “Perkembangan Biodiesel di Indonesia, Tinjauan Atas Kondisi Saat Ini, Teknologi Produksi dan Analisis Prospektif”. Jurnal PASTI Volume IX No. 1.“B20, B100, dan Biofuel Manfaatnya Luar Biasa untuk Lingkungan, Lho!”. IDN Times. 26/02/2019. 11/5/2021. < https://www.idntimes.com/news/indonesia/zulfah-goenawan/biofuel-manfaatnya-luar-biasa-untuk-lingkungan-csc/4 >

Share to your beloved people

Leave a Reply

fifteen − thirteen =