Berminat Jadi Ahli Mikrobiologi? Begini Pekerjaannya!

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apa yang dilakukan orang-orang di dalam laboratorium, yang bahkan bisa meghabiskan waktu berjam-jam? Pengamatan apa yang sedang mereka lakukan dan apakah penelitian mereka bisa membangun kehidupan yang lebih baik?

Nah, Ahli Mikrobiologi ini adalah salah satu profesional ilmiah juga, mereka adalah seorang profesional ilmiah yang mempelajari mikroorganisme. Jadi mereka inilah yang memainkan peran kunci dalam pembuatan perangkat farmasi atau medis dengan pengujian untuk memantau tingkat kontaminasi mikroba di semua tahap proses pembuatan sesuatu.

Dilansir dari GetReskilled, dalam pembuatan farmasi dan perangkat medis, semuanya harus steril dan tidak terpapar mikroorganisme berbahaya. Ahli mikrobiologi inilah yang akan melakukan hal-hal untuk menguji, memantau dan melaporkan keberadaan mikroorganisme berbahaya dalam proses pembuatannya.

Peran kunci yang dilakukan oleh Ahli Mikrobiologi

Dalam tahap penelitian dan pengembangan (R&D) produk farmasi, mikroorganisme digunakan dalam pengembangan dan pengujian obat baru untuk mengamati atau mencegah kerusakan yang ditimbulkannya, seperti hadirnya antibiotik baru. Kendati demikian, mikroorganisme yang tidak berbahaya bisa juga digunakan di dalam produk.

Adapun memahami dan memanipulasi mikroorganisme bisa sangat bisa sangat berguna dalam pengembangan terapi baru, bahkan Ahli Mikrobiologi bisa memainkan peran besar di dalamnya, lho!

Ahli Mikrobiologi melakukan apa?

Tahukah kamu kalau Ahli Mikrobiologi dipekerjakan untuk melaksanakan sejumlah tugas selama proses produksi. Hal ini karena kontaminasi perangkat medis atau produk obat bisa sangat membahayakan.

Tugas selama produksi ini berupa pengujian dan pemantauan bahan mentah (seperti air yang dimurnikan), lingkungan (seperti sampel udara yang akan diambil), peralatan (seperti sampel dari mesin dan perkakas akan diuji secara rutin) dan produk akhir (seperti setiap batch produk akhir yang akan diuji secara khusus untuk kontaminasi).

Ada peraturan ketat seputar pembuatan produk farmasi dan perangkat medis dan Ahli Mikrobiologi yang bekerja di bidang ini akan mengikuti ini dengan cermat. Dengan mengikuti regulasi industri manufaktur maka risiko yang ditimbulkan oleh mikroorganisme dapat diminimalisir.

Ahli Mikrobiologi berada dalam tim manufaktur

Biasanya, mereka akan beroperasi di dalam Departemen Kualitas. Perannya sendiri akan sangat bergantung pada apa yang akan diproduksi dan bagaimana produk itu diproduksi. Hal ini karena beberapa produk dibuat di lingkungan yang steril, sehingga produk harus bebas mikroorganisme (berbahaya ataupun tidak). sedangkan produk lain diproduksi di lingkungan yang tidak steril sehingga produk ini dapat mengandung beberapa mikroorganisme, meskipun sebelumnya hanya hingga batas yang ditentukan saja.

Nah, berikut ini adalah peran Ahli Mikrobiologi pada bidang-bidang di bawah ini:

  • Memastikan bahan baku bebas dari kontaminasi mikroorganisme
  • Pengamatan yang cermat terhadap jumlah dan jenis mikroorganisme yang ada di lingkungan pabrik
  • Memastikan bahwa produk yang sudah jadi tetap steril dan bebas dari kontaminasi (dalam manufaktur steril) dan dalam batas yang telah disepakati sebelumnya (untuk manufaktur non-steril)
  • Menguji untuk melihat bagaimana produk akan mengatasi kontaminasi selama penggunaan “dunia nyata”
  • Tugas spesifik yang terlibat dengan suatu pekerjaan akan bergantung pada proses manufaktur yang terlibat serta produk akhir.

Sedangkan, untuk contoh tugas yang Ahli Mikrobiologi lakukan ialah:

  • Kalibrasi dan audit peralatan ilmiah
  • Merancang dan menerapkan strategi untuk menilai dan mengendalikan kontaminasi
  • Menjalankan pengumpulan dan pengujian bahan baku secara rutin, sampel dari lingkungan manufaktur dan / atau produk akhir
  • Menumbuhkan, memantau dan mengidentifikasi mikroorganisme dalam kultur
  • Pencatatan dan penyimpanan data hasil tes yang ketat
  • Analisis dan interpretasi hasil tes
  • Melaporkan masalah kontaminasi mengikuti protokol yang ketat
  • Supervisi teknisi berbasis laboratorium

Ahli mikrobiologi akan menguji hal-hal seperti keberadaan mikroorganisme, jumlah dan jenis mikroorganisme yang ada dan seberapa baik mikroorganisme dapat tumbuh ketika produk terpapar pada penggunaan di dunia nyata.

Jadi, apakah kamu berminat menjadi Ahli Mikrobiologi? Semangat mencapai impian ini!

“What is a Microbiologist and what to they do”. GetReskilled. 6 Mei 2021. https://www.getreskilled.com/what-is-a-microbiologist/

Share to your beloved people

Leave a Reply

thirteen − 6 =