Belajar Sambil Mendengarkan Musik, Cara Efektif Berkonsentrasi!

Konsentrasi belajar sangat penting bagi pelajar karena tanpa adanya konsentrasi, maka pelajar tidak dapat menerima pelajaran dengan baik, hal ini membuat adanya nilai rendah atau ketidakmampuan pelajar menerima ilmu di tempat mereka belajar, seperti di sekolah ataupun di tempat kursus. Seperti yang disampaikan oleh Slameto (2010: 87), bahwa konsentrasi belajar besar pengaruhnya terhadap belajar

Namun, tahukah kamu bahwa musik dapat mempengaruhi konsentrasi belajar? Seorang ilmuan asal Timur Tengah bernama Al-Farabi dalam bukunya Great Book About Music menjelaskan bahwa musik dapat membuat rasa tenang atau nyaman, hal ini karena musik dapat berfungsi sebagai pendidikan moral, mengendalikan emosi, pengembangan spiritual dan menyembuhkan gangguan psikosomatik, lho!

Sudah banyak penelitian yang menjelaskan bahwa musik sangat berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa, mulai dari siswa SD hingga SMA. Dalam implementasinya, tidak jarang mahasiswa juga merasakan hal yang sama atas konsentrasi belajar yang dirasa lebih efektif ketika dilakukan sambil mendengarkan musik.

Beberapa penelitiannya ialah milik Danny Salim dengan judul Pengaruh Musik Terrhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Kelas 2 SMUK 1 Salatiga dan milik Jami’ah Taha Kotu dengan judul Efektivitas Penggunaan Musik Terhadap Konsentrasi Belajar Fisika Kelas XI SMAN 3 Sungguminasa.

Nah, pengaruh musik dalam konsentrasi belajar disebabkan oleh beberapa faktor, lho! Berikut adalah faktor yang memengaruhi konsentrasi belajar yang harus kamu ketahui!

  1. Emosi tertentu dibangkitkan oleh jenis musik tertentu

Tidak semua musik dapat memberikan pengaruh baik dalam konsentrasi belajar, hal ini karena beberapa musik bisa membangkitkan emosi negatif seperti rasa sedih atau rasa malas karena emosi yang pernah terbentuk dari lagu musik tersebut bukanlah ingatan tentang hal-hal baik atau membangkitkan semangat.

  1. Pengetahuan peserta didik tentang topik yang dipelajari

Semakin banyak pengetahuan yang dibagikan pada peserta didik maka semakin banyak pula hal-hal baik yang membuat mereka semangat belajar, semisal musik yang digunakan ialah musik klasik, maka pelajaran yang cocok ialah membahas tentang sejarah hasil tersebut.

  1. Teknis berpikir yang dibutuhkan 

Teknis berpikir yang bisa ditawarkan pada siswa ialah bagaimana membentuk suasana belajar yang menyenangkan bagi pelajar, musik ini sendiri menjadi salah satu teknis berpikir pengajar pada pelajar bahwa belajar tidak harus selalu dengan suasana hening, namun dalam setiap keadaan sebenarnya pelajar bisa saja berkonsentrasi dalam belajar. Musik ini misalnya yang bisa menjadi salah satu media supaya pelajar bisa berkonsentrasi dalam menerima pelajaran. 

  1. Volume musik

Volume saat mendengarkan musik ternyata juga bisa berpengaruh dalam metode belajar ini, lho. Tidak semua orang bisa belajar dalam keadaan musik yang suaranya terdengar sangat kencang. Bisa saja hanya terdengar sayup-sayup senandung kecil dari musik yang didengarkan. Maka dari itu, ketika tenaga pengajar ingin menggunakan metode belajar ini, ada baiknya melakukan survei untuk memastikan bahwa semua pelajar merasa nyaman belajar sambil mendengarkan musik.

  1. Karakter musik

Karakter musik atau jenis musik yang didengarkan ini juga berpengaruh, karena tidak semua orang bisa fokus mendengarkan karakter musik hardcore atau pop, bahkan musik folks sekalipun. Setiap individu mempunyai karakter musik kesukaan yang berbeda-beda dan tidak bisa mendapatkan karakter yang sama dalam satu ruang kelas. Mungkin ini juga alasan mengapa musik klasik atau instrumen musik lebih dipilih untuk praktek di kelas, bahwa musik begitu efektif dalam membangun konsentrasi belajar pada pelajar.

Jadi, apakah kamu termasuk dalam pelajar yang bisa semakin berkonsentrasi dalam belajar atau justru harus mendapatkan suasana yang hening untuk bisa berkonsentrasi? Bagaimana pun metodenya, mengenali diri sendiri untuk mengetahui cara paling efektif membangun konsentrasi belajar adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk dirimu sendiri!

Sumber: Kotu, Jami’ah Taha. “Efektivitas Penggunaan Musik Terhadap Konsentrasi Belajar Fisika Kelas XI SMAN 3 Sungguminasa” (2017): Online.

Share to your beloved people

Leave a Reply

4 + 7 =